24 August 2006

Apakah kamu KREATIF?

Kreatif, atau dalam bahasa Inggris creative adalah merupakan kata sifat yang berasal dari kata dasar create yang berarti membuat atau menciptakan sesuatu. Jadi selama kamu masih bisa membuat, menciptakan dan menghasilkan sesuatu maka kamu termasuk orang yang kreatif ^_^. Semudah itu? Oh ternyata tidak, seiring dengan perkembangan jaman kreatif tidak lagi cuma sekedar menciptakan atau menghasilkan sesuatu. Kreatifitas berkembang menjadi suatu proses yang dimulai dari tahap ide hingga sampai pada terciptanya sebuah produk yang memiliki sebuah nilai lebih. Dengan penjelasan diatas mungkin kamu sudah mulai mendapat gambaran tentang kreativitas. Jadi mari mulai bicara tentang awal dari sebuah kreativitas.

IDE, sebuah kata singkat yang terdiri dari 3 huruf, untuk merubahnya dalam bahasa Inggris tinggal anda tambahkan huruf 'a' dibelakangnya menjadi IDEA. Meski kata ini mudah diucapkan tidak berarti lantas mudah pula untuk dijelaskan atau bahkan didapatkan. Pada saat kita masih anak-anak, kita memiliki begitu banyak ide, baik yang jenius maupun yang terlihat sangat konyol. Sayangnya pada beberapa dari kita ide-ide tersebut mulai berkurang ketika kita mulai beranjak dewasa. Ide kita (yang nantinya akan menjadi dasar kreativitas kita) seringkali bertubrukan dengan akal sehat, padahal berdasarkan sebuah perjanjian tidak tertulis dalam dunia kreativitas, untuk menjadi kreatif anda harus 'think out of the box' atau berpikir di luar kotak, bisa juga disebut anti kemapanan.

Anti kemapanan? anarkis? pemberontak?.... Ehhmmm sya rasa tidak sampai se-ekstrim itu, yang saya maksud 'out of the box' adalah keluar dari kebiasaan yang ada disekitar kita (NGGAK!!!, pake celana di kepala bukan suatu hal yang kreatif). Dulu membuka toko selama sehari semalam adalah suatu hal yang tidak wajar, sama halnya dengan menjual air putih didalam kemasan, dan masih banyak lagi ide-ide lain yang seringkali diawali dengan berpikir diluar kewajaran. Berpikir diluar kotak bukan satu-satunya cara menjadi kreatif, lakukanlah sesuatu yang orisinil. Kalau kata Lupus-nya Hilman "jadilah gula jangan menjadi semut" ciptakan trend, jadilah trendsetter, jangan sekedar ikut trend apalagi sampai jadi korban mode.

Merasa masih belum mampu? well, kamu boleh meniru sebagian ide orang lain. Ingat hanya sebagian, jangan jadi plagiat apalagi menjadi pencuri ide. Misalnya trend yang sedang ada ialah membuka distro (tau distro kan?), kamu boleh saja ikut-ikutan membuka distro tapi ciptakanlah desain yang berbeda, bikin sesuatu menjadikanmu spesial. Poin yang harus kamu ingat adalah 'jangan takut untuk menjadi berbeda'.

Nah cukup dengan ide, sekarang waktunya kamu untuk menuangkan ide kamu^_^.

Merasa kesulitan menuangkan ide kamu? Beberapa orang yang pernah ngobrol dengan saya, dan bahkan saya sendiri juga sering merasa kesulitan menyampaikan ide nya. Butuh proses, orang yang tepat untuk diajak berdiskusi, dan butuh kemauan ^_^. Saya selalu mengalami kesulitan ketika harus menuangkan pikiran saya kedalam bentuk tulisan, terutama pada kalimat pertama, dan seringkjali pikiran saya masih terlalu absurd untuk dituangkan menjadi sebuah tulisan. Akhirnya setelah banyak membaca, melihat, ngobrol dengan orang lain, saya bisa sedikit memperbaiki penyampaian ide saya. Dan jadilah blog ini ^_^

Menuangkan ide memang nggak cuma tulisan, bisa gambar, membuat suatu benda, melakukan sesuatu dan apapun itu 'practice always make it better'. Perluas wawasan, tambah pengetahuan, pelajari hal baru, kemukakan idemu dan yang paling penting mulailah sekarang.



Be creative be alive

No comments:

Post a Comment