01 August 2006

Lagi-lagi tentang JOMBLO

Mengakhiri status jomblo berarti mendapatkan pasangan, untuk mendapatkan pasangan tentunya nggak semudah membalik telapak tangan. Ada persiapan yang harus dilakukan, ada pengetahuan yang harus dimiliki, dan yang pasti ada tindakan yang harus diambil.

Persiapan yang harus dilakukan :

"Siapa yang mengenali dirinya sendiri dan mengenali lawannya maka akan memenangkan seribu pertempuran" Sun Tzu

Jadi kenali dulu dirimu sendiri, apa yang kamu miliki, apa kelebihan dan kekuranganmu, lakukan penilaian secara sadar. Maksudnya jangan berlebihan dalam menilai diri sendiri juga jangan terlalu merendah.

Yang pertama harus kamu kenali adalah karaktermu, karakter adalah sifat kejiwaan atau nilai-nilai yang menyusun pribadimu. Coba kenali karaktermu, apakah ada karakter yang selama ini seringkali menghambat usahamu dalam mendekati lawan jenis. Selain dengan mencoba memahami diri sendiri dan berinstropeksi kamu juga bisa minta pendapat teman-teman dekatmu. Dengarkan juga kritik, gosip dan omongan orang-orang lain tentang dirimu, lihat kesamaan apa yang muncul dari pendapat mereka. Setelah kamu mengenal karakter kamu coba pelajari karakter mana yang harus dipertahankan, dikembangkan atau dirubah, karakter memang merupakan hasil pembentukan kejiwaan dalam waktu yang lama dan sulit dirubah, tapi sulit bukan berarti tidak mungkin.

Setelah karakter hal berikutnya adalah sikap. Sikap adalah hasil atau bentukan dari karakter, jika karakter kamu adalah pemarah maka sikap yang timbul adalah kamu menjadi mudah terpancing emosi atau bahka menjadi lebih agresif.

Karakter dan sikap kamu mungkin akan sangat berpengaruh pada preferensi atau selera kamu. Misalanya jika kamu berkarakter kalem mungkin selera musik kamu juga lagu-lagu yang bertempo lambat, bisa juga sebaliknya. Meskipun dalam karakter ada nilai atau standar yang bisa menentukan baik buruknya sebuah karakter tidak demikian dengan selera. Kita tidak bisa menentukan baik buruknya sebuah selera(tentu saja selama itu tidak melanggar hak orang lain)

Setelah kamu mengenali inner strength kamu sekarang waktunya buat mengenali kekuatan fisik kamu(tenang!! ini bukan soal berapa banyak karung beras yang bisa kamu angakt). Kekuatan fisik disini yang dimaksud adalah physical appearence kamu. Penampilan fisik nggak cuma sekedar tampang, tapi juga bentuk tubuh, tinggi, berat, dan juga kondisi tubuh kamu.

Nah mari kita mulai penampilan fisik dari masalah tampang. Mengenai bentuk dasar wajah kamu tentu diluar kekuasaan kamu, ada yang berhidung mancung ada yang tidak, bentuk bibir pun bisa berbeda-beda. Yang bisa kamu lakukan adalah merawat dan menjaganya. Jerawat jelas merupakan sebuah nilai minus, jadi jaga kebersihan wajah kamu, menggunakan produk tambahan seperti sunblock atau pembersih juga baik, bahkan untuk para cowok. Untuk penampilan yang prima tentu juga harus didukung gigi dan mulut yang sehat, bersih apalagi indah. So keep it clean

Yang tidak kalah penting dari tampang adalah tubuh, perhatikan bentuk tubuh kamu apakah cukup ideal? terlalu kurus? atau sebaliknya?. Bentuk tubuh yang ideal tidak selalu harus langsing atau kekar berotot yang terpenting adalah seimbang. Misalnya jika kamu merasa kurang tinggi ya coba ditambah, merasa kurang kurus ya coba diet. Berdasarkan data polling atau jajak pendapat yang didapatkan dari sebuah sumber yang sebaiknya tidak dipercaya didapatkan bahwa responden pria memiliki kecenderungan untuk memilih wanita dengan ukuran 3-size yang seimbang, dan para wanita memiliki kecenderungan memilih pria yang berbahu lebar. Tapi ingat tubuh nggak cuma soal bentuk dan ukuran tapi juga aroma dan kebersiahan, jadi mulai sekarang juga mulailah mandi.

Selain faktor diatas hal lain yang juga sangat berpengaruh dalam mencari pasangan ialah kemampuan kamu. Kemampuan disini bisa berarti kemampuan materiil dan kemampuan non materiil. Kemampuan materi berarti kekayaan atau aset, pekerjaan, reputasi dan hal-hal lain yang memberi jaminan kepada kehidupanmu secara materi. Kemampuan non materi bisa berarti kemampuan otak atau kepandaian. Kepandaian bisa diukur dari pendidikan formal yang kamu miliki seperti sarjana, master, diploma atau slta bisa juga dari kemampuan kamu yg lain seperti kemampuan memasak, menyanyi, menulis dan yang tidak kalah penting adalah kemampuan kamu dalam berkomunikasi.



Sekarang tahap pengenalan dirimu telah selesai, yang berikutnya adalah mengenali si calon pasangan kamu. Kita memang bisa berharap pada kesempatan acak, artinya kita bertemu seseorang dan kemudian kita merasa cocok atau nyambung. Tapi ada baiknya juga kamu telah menentukan tipe seperti apakah pasangan yang kamu inginkan. Dalam menentukan tipe ada baiknya diawali dari beberapa kesamaan ketertarikan. Memang nyaris mustahil menemukan seseorang yang memiliki kesamaan dengan kita pada setiap hal tapi jika ada ketertarikan pada beberapa hal yang sama maka akan lebih mudah dalam menjalin komunikasi. Bila kamu telah menetapkan tipe atau kira-kira orang seperti apakah yang ingin kamu jadikan pasangan maka kamu bisa mulai mencari. Misalnya bila kamu ingin mencari pasangan yang penggemar olahraga maka kamu bisa mencarinya di sport center, jika kamu ingin bertemu orang yang gemar membaca tentu toko buku atau perpustakaan adalah pilihan yang tepat, meskipun bukan tidak mungkin kamu akan bertemu seorang olahragawan di supermaket.


Pada tahap ini seharusnya kamu telah menemukan setidaknya seorang calon dan sudah mengamati, menelaah dan meneliti seseorang tersebut. Tentunya kamu juga telah menyeleksi dari semua kandidat yang ada, mungkin kamu akan memilih yang terbaik, yang paling pas atau yang memiliki presentase keberhasilan paling tinggi. Apapun pilihanmu sekarang adalah waktunya untuk menyatakan perasaanmu.

Untuk menyatakan perasaan tentunya kamu sudah harus melalui tahap perkenalan dan pertemanan. Setelah hubungan kalian menjadi lebih dekat kamu bisa mulai memutuskan apakah ini adalah waktu yang tepat untuk menyatakannya atau tidak. Jadi ambil sikap, tentukan pilihan, dan bertindaklah. Tenang pada tahap ini cuma ada dua kemungkinan, ditolak atau diterima. Masing-masing punya konsekuensinya, jika ditolak kamu bisa memutuskan untuk menunggu saat yang tepat dan menyatakan lagi perasaanmu atau kamu juga bisa kembali ke bab sebelumnya. Jika kamu diterima maka kamu bisa melanjutkan ke bab berikutnya.


Menangkal status jomblo

Supaya ke-jomblo-an nggak balik ke kamu lagi tentunya kamu harus mempertahankan hubungan kamu. tentu saj memperthankan hubungan bukan sebuah hal yang mudah, butuh kerja keras dari kedua pihak. Karena pada tahap ini kamu dianggap bukan lagi sebagai seorang jomblo maka posting ini akan diakhiri sampai disini. Mengenai tips mempertahankan hubungan kamu tunggu saja posting berikutnya.

love is like playing piano....
first you must learn to play by the rules
then you must forget the rules and play from your heart




No comments:

Post a Comment