25 August 2006

Cuci Gudang

Pernah tahu kan istilah cuci gudang? Istilah ini sering dipakai oleh pusat-pusat perbelanjaan, pertokoan, departemen store, dan juga pada toko-toko kecil yang tidak memiliki gudang. Tentu saja yang mereka lakukan bukanlah benar-benar mencuci gudang mereka dengan sabun ataupun memasukan gudang mereka pada mesin cuci. Sebenarnya yang mereka lakukan adalah menjual barang dengan harga diskon besar-besaran, dengan harapan barang mereka di gudang akan segera habis terjual. Meskipun, sekali lagi, mereka tidak punya gudang.

Saya juga sering melakukan cuci gudang, dalam arti yang sebenarnya, yaitu semua isi gudang dikeluarkan, dipilah-pilah, disusun, dirapikan dan ternyata hasilnya seringkali begitu menakjubkan. Begitu banyak hal yang bisa didapat dari cuci gudang ini, ada baju yang masih bisa diberikan kepada mereka yang membutuhkan, ada buku-buku yang masih bisa dibaca kembali, ada barang-barang lain yang masih bisa didaur ulang, dan yang selalu saya dapatkan adalah selalu ada kenangan.

Ya mereka muncul dari benda-benda yang saya temukan, kadang mengejutkan, kadang membuat saya tersenyum sendiri, dan berbagai kenangan lain, baik yang manis maupun yang sedikit masam. Setiap benda yang ada akan membawa kita kepada setiap bagian, kepingan, cuilan dari suatu periode pada hidup kita. Seringkali justru mencatat kejadian lebih lengkap dari foto-foto di album kita, lebih lengkap dari buku harian kita, dan seakan kita dibawa untuk bernostalgia dan mengalami kembali semua masa yang mungkin telah kita lupakan. Dan sekali lagi kita diingatkan bahwa kita hidup bukan hanya untuk hari ini.

Apakah anda pernah melakukannya? Di lemari buku anda, di laci meja, di kebun, di saku celana, di sela-sela buku, atau bahkan disemua tempat yang terhubung dengan anda.


Silahkan dicoba ^_^

No comments:

Post a Comment