02 August 2006

Listrik Mati

Saya, dan banyak orang lain sering mengumpat karena listrik yang mendadak mati. Kemudian sumpah serapah lantas dialamatkan pada Perusahaan Listrik Negara. Mari sebelum litrik mati lagi, dan kita mengumpat lagi, kita coba untuk menelaah masalah ini dengan berpikir secara positif dan penuh rasa optimis. Kemudian dengan mengesampingkan segala prasangka mari kita lihat manfaat-manfaat yang bisa diambil dari matinya listrik. Tentunya kasihan juga bila PLN yang sudah repot-repot memasang listrik dengan resiko kesetrum masih harus menerima sumpah serapah kita. Meskipun kita sudah bayar, meskipun itu adalah kewajiban mereka selaku penyedia jasa listrik, meskipun...meskipun...


Ada beberapa manfaat yang bisa diambil dari seringnya mati listrik, bagi karyawan PLN sendiri antara lain meningkatkan kemampuan diplomatis. Menjawab komplain dari para pengguna jasa PLN sehubungan dengan matinya lisrik dapat meningkatkan kemampuan mereka dalam berdiplomasi, kemampuan berpikir cepat, dan sekaligus kemampuan komunikasi yang handal. Bayangkan jika kemampuan ini dikembangkan hingga mencapai level internasional, mungkin saja mereka bisa mencapai jenjang diplomat atau duta besar. Selain kemampuan personal seringnya listrik mati juga merupakan sebuah pembinaan dalam upaya peningkatan kemampuan matematis, misalnya dalam menghitung jumlah penggunaan pemakaian listrik pelanggan secara tepat. Berapa persisnya meter byar dikurangi meter pet.

Selain bagi karyawannya, secara perusahaan matinya listrik berarti adanya peluang konglomerasi misalnya penyewaan generator, petromaks, senter dan alat-alat penerangan yang lain. Atau juga bisa menjadi peluang diversifikasi dengan membuka perusahaan baru "Perusahaan Lilin Negara"

Sementara bagi pelanggan ini merupakan sebuah pendidikan agar kita tidak selalu tergantung pada listrik. Listrik telah menjadikan manusia menjadi manja, semua menjadi serba listrik, televisi listrik, setrika listrik, alat cukur listrik, pengeriting rambut listrik, komputer listrik, kursi listrik, sampai orang menangkap ikan juga dengan listrik.

Dengan padamnya listrik berarti kita juga mendukung program pemerintah untuk hemat energi. Maka setelah membaca posting ini mari kita mulai belajar untuk mensyukuri matinya listrik. Awas kalau listrik mati pas saya lagi posting!!!

No comments:

Post a Comment