28 June 2009

Menjadi kaya atau mati mencoba

Sebelum anda membaca posting ini, bacalah sepenggal kalimat ini, bila punya cukup waktu silahkan anda terpikir-pikir dahulu sebelum melanjutkan membaca.

What money can buy? A bed but not sleep, books but not knowledge, a clock but not time, food but not appetite, finery but not beauty, a house but not a home, medicine but not health, amusement but not happiness, sex but not love.



Begitu sering saya mendengar kata-kata semacam itu, bahkan dulu saya pun berpikir begitu, bahwa uang tak bisa membeli segalanya, bahwa banyak hal di dunia ini yang tak bisa dibeli dengan uang. Betulkah?
Sayangnya tidak sepenuhnya benar, hampir semua hal bisa dibeli dengan uang, sebut saja, bumi dan seisinya? manusia? harga diri? cinta? ya semuanya bisa dibeli, bahkan juga Tuhan.

Tanpa uang kita pasti akan kesusahan, kita tidak bisa mencukupi kebutuhan-kebutuhan dasar kita, kita tidak bisa memenuhi keinginan kita. Maka kita mencari dan mengumpulkan uang, lebih banyak lagi, lebih banyak lagi. Semakin banyak uang yang kita kumpulkan, semakin banyak yang kita butuhkan, dan semakin banyak pula yang kita inginkan. Semakin jauh kita mencari semakin lupa kita dengan alasan awal kenapa kita mencari. Untuk mendapatkan uang kita memerlukan modal, tak cukup hanya tenaga dan pikiran yang kita jual, waktu, idealisme, gengsi dan harga diri, bahkan Tuhan dan keyakinan kita.

Saya tidak menganggap itu hal yang salah, itu wajar saja, sebab saya setuju bahwa selalu ada harga yang harus dibayar untuk sesuatu. Dalam hidup memang tak ada yang gratis, kita memberikan sesuatu untuk mendapatkan sesuatu. Yang menjadi pertimbangan adalah apakah yang kita berikan itu sesuai dengan apa yang akan kita dapatkan, apakah terlalu mahal ataukah terlalu murah, semuanya kitalah yang menentukan. Dengan menjadi kaya maka semua hal akan menjadi lebih murah dan lebih mudah.

Yah semoga saya bisa menjadi lebih kaya, sebab masih banyak mimpi yang belum terbeli, masih banyak tuntutan yang belum terpenuhi, masih banyak janji yang belum ditepati. Dan biarlah saya menjadi kaya atau mati mencoba.


`Posting ini ditulis sambil mendengarkan "Can't Buy Me Love- Jazz Ver."


No comments:

Post a Comment