09 October 2006

Lantas apa warna api?

Hitam dan putih adalah dua warna yang menjadi sebuah perlambang dari banyak hal. Hitam dan putih adalah warna mutlak, tidak ada hitam keputihan atau putih kehitaman, hitam adalah hitam dan putih adalah putih. Campuran keduanya berapapun komposisinya adalah kelabu, bukan hitam juga bukan putih. Karena sifat itulah maka hitam dan putih juga melambangkan sebuah pertentangan abadi, sebuah kontradiksi, sebuah keadaan yang saling bertentangan, saling berlawanan satu sama lain. Hitam adalah warna kegelapan, sebuah warna yang melambangkan ketiadaan cahaya, maka hitam juga menjadi simbol bagi kematian, kejahatan dan berbagai hal buruk. Sebaliknya putih adalah perlambang dari cahaya, sebuah warna yang dianggap murni, suci, bersih. Kontradiksi antar kedua warna inilah yang juga menjadi perlambang antara pertentangan abadi antara kebaikan dan kejahatan.Bisa kita lihat baik dalam film atau buku cerita yang bercerita tentang kebaikan dan kejahatan, biasanya cerita berakhir dengan kemenangan si baik dan kekalahan si jahat. Kemudian kita mengenal golongan hitam dan golongan putih, ilmu hitam dan ilmu putih, dan masih banyak lagi penggolongan berdasar hitam dan putih.

Dalam hidup kita juga menjadi terbiasa untuk menilai sesuatu dengan hanya dua kemungkinan, baik atau buruk dimana kemungkinan yang satu meniadakan kemungkinan yang lainnya. Sesuatu yang kita sukai sering kali kita nilai baik bahkan meski ada keburukan atau kekurangan pada hal tersebut, sebaliknya hal bila kita menganggapnya buruk maka semua kekurangannya akan tampak, sampai-sampai semua kebaikannya dianggap tiada.

Mungkin kita lupa bahwa kita semua adalah manusia, bisa berbuat baik dan bisa juga khilaf dan berbuat salah. Mungkin kita juga telah lupa bahwa kita sebagai manusia tak mungkin terlukis sepenuhnya hitam atau sepenuhnya putih. Dan yang lebih penting lagi bahwa kita, dunia kita, hidup kita, dan semua hal disekitar kita tidak hanya terdiri dari hitam dan putih, mereka semua adalah kumpulan dari berbagai warna.

Bila anda hanya bisa melihat hitam dan putih lantas apa warna api?

No comments:

Post a Comment