07 July 2006

Everybody want to be a winner


Semua orang ingin jadi pemenang dan tak ada yang mau menjadi pecundang, tapi bagaimana agar menjadi pemenang?

Mungkin artikel ini bisa sedikit memberi gambaran tentang apa itu pemenang dan bagaimana menuju kesana.

Menjadi Pemenang Ala Carl Mays

Martin Luther King Jr berkata
 “Jadilah tukang sapu jalan layaknya Michelangelo melukis atau Shakespeare menulis puisi, sehingga segenap penghuni bumi akan tertegun dan berujar, ‘Wahai inilah tukang sapu jalan yang melakukan tugasnya dengan baik.“

Bekerja dengan baik, itulah yang ditempuh banyak orang untuk memetik keberhasilan. Kemmons mencium kebutuhan pelancong akan motel sederhana tapi bersih, ia pun mendirikan Holiday Inns. Sam Walton bercita-cita membangun jaringan toko kelontong dengan harga murah dan pelayanan ramah, hasilnya Wal-Mart, jaringan pasar swalayan terbesar di AS. Fred Smith melihat kebutuhan pengiriman paket yang dijamin sampai sehari kemudian, dan lahirlah Fed Ex atau Federal Express. Jaringan McDonald yang luar biasa sukses adalah wujud visi dan kreativityas Ray Kroc.

Menjadi orang sukses, tak perlu menunggu punya gelar. Mulailah sekarang juga, Kroc baru merasa sukses saat berumur 52 tahun. Ia mulai beranjak sukses setelah memilih sasaran tertentu dan memantapkannya, lalu bikin rencana dan batas akhir untuk mewujudkannya. Pilih hal yang sederhana, baru kemudian mengembangkannya. Misalnya, adakah yang lebih sederhana dari menjawab telepon? Tapi berapa orang yang bisa melakukannya dengan lebih baik?

Saya harus mewawancarai ratusan pelamar sebelum menemukan seorang resepsionis yang mampu menjawab dan berbicara melalui telepon dengan baik!

Bersungguh-sungguhlah melakukan apapun. Entah berkebun, berbenah rumah, atau memasak. Bila ada pelayan hotel yang terbaik di dunia yang membersihkan kamar hotel sebagai kerja seni; atau juru masak yang mengesankan tamunya dengan hidangan sederhana tapi disiapkan dengan lezatnya; atau pramuniaga yang melayani pelanggan seperti melayani orang terpenting di dunia, saya yakin orang akan berebut mempekerjakan mereka dengan gaji tinggi.

Pelajari minat, bakat, dan kemampuan anda.

Peluang tidak pernah berujung! Banyak orang yang tidak kreatif dengan kemampuannya sendiri. Mereka malah mengharapkan kemampuan yang tidak dimiliki, sedangkan kemampuannya sendiri tidak dimanfaatkan. Ini ibarat orang pendek kecil yang menghampiri kawannya yang tinggi besar, lalu berkata”Kalau badanku segede kamu, akan kurambah gunung, kutangkap beruang besar, lalu korobek badannya sampai lumat.”, Si Besar menatap si kecil sambil tersenyum “Beruang kecil kan juga banyak di hutan “

Renungkanlah itu.

Anda juga pernah mengeluh karena tidak mampu mengatasi ‘beruang besar’, sementara ‘beruang-beruang kecil’ yang bisa anda atasi menari-nari berkeliling di sekitar anda?. Kita mesti mau memanfaatkan apa yang kita punyai, dimana kita berada, dan mengambil tindakan yang terbaik dari itu. Yang ingin saya katakan ialah kita harus memerah kemampuan kita untuk memanfaatkannya.

Rahasia yang mengubah orang menjadi pemenang: Lakukanlah hal yang biasa dengan cara luar biasa. Juga harap diingat pemenang selalu mencari jalan untuk menang, pecundang mencari dalih jika kalah.

Mari menjadi pemenang

2 comments:

  1. Anonymous6:41 PM

    postinganmu ang ini keren. sumpah....trims, aku dapatmasukan baru :)

    ReplyDelete
  2. Waaahhhhhh thx banget buat yang udah kasih comment
    Apalagi kalo ternyata posting ku bisa bermanfaat
    Thak you, whoever you are

    ReplyDelete