05 January 2007

Sekali Waktu Dalam Hidup

Sekali waktu dalam hidup.....ehm, saya sendiri juga tidak tahu kenapa kalimat ini tiba-tiba melintas, kemudian ditulis secara sekilas di notes dan sekarang dituangkan di blog ini, yah...mungkin ini juga sebuah hal yang "sekali waktu dalam hidup"

Sekali waktu dalam hidup, tentu saja hal yang akan saya bicarakan ini bukan benar-benar hal yang hanya akan terjadi sekali saja dalam hidup kita, yang saya maksud sekali waktu dalam hidup adalah kita sebaiknya melakukan hal ini meskipun hanya sekali waktu dalam hidup. Anda mungkin akan bertanya kenapa kita harus melakukannya? Apakah itu sangat penting? Entahlah ^_^ mungkin anda akan menemukan jawabnya setelah membaca posting ini.



Sekali waktu dalam hidup kita mesti : Melihat matahari terbit

Kita semua pasti tahu betapa pentingnya fungsi anggota tatasurya yang satu ini, sayangnya sebagian besar dari kita, dan mungkin anda juga, tidak terlalu menganggap ini istimewa. Matahari sudah menjadi bagian dari keseharian kita, ketidakhadirannya akan sangat mengganggu hidup kita, tapi kita lebih sering mengeluh karena panasnya daripada menikmatinya. Jadi sekali waktu cobalah untuk bangun pagi dan memandang proses terbitnya matahari, nggak harus ke gunung atau ke pantai kok ^_^ Coba pandangi langit dari waktu masih gelap hingga saat matahari benar-benar sudah muncul.
Saya selalu merasa bahwa dengan memandang matahari terbit, kita bisa ikut merasakan munculnya sebuah energi, timbulnya sebuah semangat baru yang meluap-luap, sebuah kesegaran yang berpadu dengan kehangatan.

Sehubungan dengan kegiatan melihat matahari terbit yang mesti dilakukan pagi hari, biasanya kendala yang sering muncul adalah kemampuan untuk bangun pagi ^_^ tapi saya jadi ingat kata-kata seseorang yang dekat dengan saya "...kalau seseorang tidak bisa bangun pagi, dia tidak bisa melakukan hal yang lebih hebat lagi". Jadi selamat bangun pagi dan menikmati matahari terbit.



Sekali waktu dalam hidup kita mesti : Jalan-jalan

Ya! jalan-jalan, tentu saja yang saya maksudkan disini adalah jalan-jalan dalam artian yang sebenarnya, bukan dengan motor, mobil atau kendaraan yang lain tapi benar-benar dilakukan dengan kedua kaki kita. Jalan-jalan ini juga bukan sebagai kegiatan pendukung, misalnya ketika berbelanja, ketika sedang berada di obyek wisata atau bisa juga karena pekerjaan. Jalan-jalan yang satu ini harus bebas dari kepentingan lain ~_~; duh...

Selain keadaan cuaca yang mendukung, lokasi jalan-jalan sebaiknya juga yang menyenangkan, aman, dan memang layak untuk berjalan-jalan (bukan kuburan atau Tempat Pembuangan Sampah). Kegiatan jalan-jalan ini sebaiknya diawali dengan niat yang tulus dan ikhlas untuk berjalan-jalan dan bukannya ngeceng, belanja, bermain atau bahkan berternak kambing, karena selain tidak efektif juga akan melenceng dari tujuan awal. Setelah anda yakin dengan niat anda, yang anda perlukan hanyalah mengambil langkah pertama dan lanjutkan dengan yang kedua, ketiga, empat.... dan seterusnya. Cobalah untuk menikmati jalan-jalan anda, amati sekeliling anda, mungkin anda akan menemukan banyak hal yang selama ini terlewatkan.



Sekali waktu dalam hidup kita mesti : Hujan-hujan

Anda mungkin bertanya kenapa mesti hujan-hujan? Selain beresiko terserang flu berbasah-basahan sekaligus kedinginan bukan hal yang terlalu menarik bagi sebagian orang. Meskipun begitu saya tetap merasa bahwa hujan-hujan harus dilakukan bahkan meski hanya sekali seumur hidup. Tentu saja yang saya maksudkan adalah hujan air bukan hujan batu, hujan abu ataupun hujan darah ~_~; ehm tapi kalau hujan duit mungkin agak beda. Acara hujan-hujan ini juga harus dilakukan dengan sengaja, artinya anda bukannya tidak sengaja atau terpaksa berhujan-hujan melainkan benar-benar merelakan diri anda untuk dihujani oleh butir-butir air yang ditumpahkan dari angkasa ^o^ hehe...

Dalam berhujan-hujan sebaiknya anda mengenakan pakaian yang santai atawa kasual, tidak perlu tebal tapi sebaiknya tetap memakai pakaian. Jangan sampai tidak mengenakan pakaian! bukan karena tidak sopan atau takut dianggap gila tapi bila anda tidak memakai baju maka sensasi yang anda alami tidak akan berbeda jauh dengan mandi menggunakan shower. Anda bebas berlari, melompat, ataupun berputar-putar (asal tidak takut terpeleset) nikmatilah setiap tetes air yang menimpa sekujur badan anda, rasakan kegembiraan dan kesegaran yang dipancarkan oleh air hujan.


Nah itulah beberapa dari banyak hal yang menurut saya harus dilakukan meski cuma sekali dalam hidup kita, apakah anda setuju? Bila anda setuju silahkan dicoba, bila tidak setuju.... ya sebaiknya anda coba dulu, baru anda boleh tidak setuju ^_^ dan meskipun anda tidak setuju toh anda sudah mencobanya hehehe.....@_@

No comments:

Post a Comment