16 November 2006

Indonesia Asli

udah liat iklan Hexos yang adegannya ada cewe nanya "aslinya mana mas?" trus si cowok dengan ekspresi ala kadarnya ngejawab "Teghal" ^_^ Saya sih bukannya mau mengomentari iklannya, tapi saya kepengen ngebahas soal pertanyaannya. Seringkali ketika kita berkenalan kita bertanya "Aslinya mana.....?" tentu saja maksudnya adalah menanyakan daerah asal atau kampung halaman dari orang yang kita ajak bicara. Tentu saja ini adalah hal yang bisa dianggap wajar, tapi bolehlah sekali waktu kita memprotes kewajaran ini.

Masalah bisa muncul ketika orang yang kita tanya ternyata tidak jelas asalnya, eh maaf maksud saya daerah asalnya yang kurang jelas. Sebagai contoh sebut saja si X (bukan nama sebenarnya), anak dari seorang ibu asal Pasuruan (bukan ibu sebenarnya) dan ayah asal Palembang (juga bukan ayah sebenarnya) dan lahir di Semarang (bukan kota sebenarnya), kemudian pada waktu berumur 3 bulan (bukan bulan sebenarnya) dia pindah ke Kalimantan barat (bukan...eh) nah ketika ia berumur 27tahun ketika ada orang yang bertanya "Aslinya mana....?" Lantas jawaban apa yang akan diberikannya?.

Apakah setiap kali mendapat pertanyaan seperti ini dia harus menjelaskan kerumitan asal-usulnya? ~_~; Atau kalau yang tanya nekat ngasih pertanyaan begini "ehm...jadi sebenernya anda asli mana?"


Nah jadi mari kita membicarakan soal asli yang satu lagi.


Istilah Indonesia asli atawa pribumi sempat menjadi sesuatu yang populer di negeri ini, menurut pengertian umum istilah diatas berarti orang-orang yang merupakan keturunan asli dari suku-suku yang ada di Indonesia, seperti Jawa, Batak, Bali, Papua, dll, dst. Dan orang-orang yang tidak termasuk ini adalah keturunan China atau Eropa, Afrika, Dsb...

Nah! apakah hal diatas sudah benar? yang saya maksudkan bukan soal pembedaannya, tapi apakah benar yang namanya Indonesia Asli itu ada?, bukankah Indonesia sendiri tidak asli, bukankah Indonesia berdiri diatas dan terdiri dari berbagai suku, budaya, dan jutaan perbedaan lainnya. Jadi Indonesia itu sendiri tidak asli, sebab ia merupakan campuran dari berbagai unsur.



Jadi, asli manakah anda?

No comments:

Post a Comment