12 September 2006

Alter Ego

Kalau anda tahu Superman seharusnya anda juga tahu Clark Kent. Ya dua-duanya adalah orang yang sama tapi mereka adalah pribadi yang berbeda, seperti juga kebanyakan super hero lainnya. Sebut saja para jagoan Amrik seperti Batman, Spiderman, atau juga si Hulk. Sebagian besar super hero ini memang menyembunyikan ke-supehero-an nya, entah itu karena tidak ingin membahayakan orang-orang disekitarnya atau karena ingin tetap menjalani kehidupan sebagai manusia biasa, meskipun hampir semua yang melakukannya adalah karena tuntutan cerita ^_^. Eh by the way Suparman bukanlah alter ego dari Superman.

Ternyata alter ego tidak hanya terdapat pada dunia imajiner, pada dunia kita sehari-hari banyak juga orang yang memiliki alter ego. Alter ego atau 'the other I' adalah sebuah keadaan dimana kita baik secara sadar ataupun tidak memiliki dua atau lebih kepribadian yang berbeda. Bila terjadi secara tidak sadar bisa merupakan sebuah masalah kejiwaan, bila terjadi secara sadar mungkin juga bisa mengarah ke masalah kejiwaan. ~_~; Duh... tapi jangan lantas menuduh bahwa mereka ini gila.

Mengenai kepribadian ganda yang terjadi secara tidak sadar tidak usah dibahas disini, bukannya karena keterbatasan saya ^_^, tapi kita semua kan sadar, sekali lagi bukan karena saya tidak paham, kurang mengerti atau tetap tidak bisa menemukan artikel tentang ini setelah gogling selama 2 jam setengah, bukan lho.

Maaf ngelantur, secara sadar berarti kita sengaja berperan ganda atau menjadi beberapa pribadi yang berbeda. Hal ini bisa terjadi bila kita membutuhkan ruang lain dalam kehidupan kita. Mungkin karena kita adalah public figure, mungkin juga karena kita punya profesi yang menuntut kita bertindak seperti itu (polisi, agen rahasia, juragan ganja ^_^). Hal tersebut juga mungkin terjadi tanpa adanya tuntutan khusus, bisa saja terjadi karena iseng.

Seorang teman, sebut saja X (atau boleh anda ganti nama yg anda suka) berniat untuk menjahili ceweknya, kemudian dia mulai kirim-kirim sms dengan mengaku sebagai orang lain. Kemudian hal ini berlanjut semakin jauh, dari sekedar sms kemudian chating, dan diakhiri dengan pertengkaran hebat ~_~. Seorang teman yang lain lagi, boleh disebut Y, punya hobi chating, suatu ketika dia coba-coba pake nick cewek, dan kegiatan ini berkembang diluar dugaan, dia kemudian juga membuat FS (yang tentu saja palsu) dengan foto seorang cewek, membeli sebuah nomor prabayar baru. Dan semua hal tadi dilakukan karena dia sudah terlalu menikmati berperan sebagai seorang cewek, meskipun dalam keseharian dia tetap bersikap sebagai cowok tulen (ngisengin cewek, nonton bokep, dan nggak bersikap mesra dengan cowok lain). Dan tentu saja masih banyak contoh lain.

Alter ego atau kepribadian yang lain kadang diawali dengan tidak sengaja dan berkembang menjadi sesuatu yang serius (adiktif), sebab dengan alter ego seringkali kita mendapatkan apa yang tidak kita miliki sekarang. hal itu bisa berbentuk perhatian dari orang lain, kesempatan melakukan hal baru, melihat dari perspektif yang berbeda, atau kepuasan imajiner atas khayalan kita.

Berbahaya? bisa jadi karena bisa juga menjadi transverse (atau berpenampilan sebagai lawan jenis) atau bisa juga menjadi seorang yang mengalami ganguan kejiwaan karena melakukan hal-hal yang tidak disadari (anda tahu Dr.Jekyl and Mr Hyde). Dalam tingkatan yang lebih rendah mungkin juga bisa terjadi munculnya atau bergabungnya sifat-sifat baru.

Apakah anda merasa memiliki alter ego? Eh saya? ehmmm.... sebenarnya saya seorang super hero tapi saya tidak mungkin memberitahunya pada anda, eh??? anda bilang saya hanya berkhayal, Oh no?!?! saya mulai berbicara sendiri ups maksud saya menulis tentang saya yang bicara sendiri.


2 comments:

  1. Anonymous3:46 AM

    Oooo....
    Jadi alter egonya dony si Hellsing
    ehmmm...kasiannnn si Hellsing

    ReplyDelete